Rabu, 29 September 2010

Apa itu Aikido




















Seni bela diri jepang ,yang meminjam tenaga penyerang(uke) untuk digunakan oleh korban (nange).Prinsip aikido dari asal katanya adalah (Ai) keselarasan ,(Ki)Pusat kehidupan dan (DO) pusat keseimbangan.Aikido adalah beladiri cinta kasih ,karena selain pada teknik aikido tidak diajarkan teknik menyerang dan lebih condong lebih defensive, seni bela diri yang didirikan oleh Morehei Ueshiba ini tidak ada hasrat untuk menjatuhkan lawan yang ada hanya kita mencoba untuk megalirkan tenaga uke untuk menyelesaikan teknik, intinya adalah agar uke maupun nange aman.Dalam Aikido dikenal "Aiki".Dibawah ini adalah pemikiran O-sensei(panggilan Morehei Usheiba).

“Aiki is not a technique for fighting or defeating enemies. It is a way to unite the world and unify mankind into one family. The secret of Aikido is to harmonize one’s self with the movements of .the Universe and to achieve oneness with the Universe. For those who understand the secret of Aikido, the Universe is in their heart (lit., “stomach”), “I am the Universe’. I realized this through ‘bu1 (martial arts)…. The bu of those who cannot harmonize with the Universe is a destructive bu and is not true ‘Takemusu’…. Thus, true bu is not for winning and losing. True bu is always invincible. That is to say, invincibility means never fighting with anyone. Winning is to defeat the ‘fighting mind’ inside oneself and accomplishing one’s assigned mission. No matter how difficult the explanation of the theory is, unless one acts on it he is just a human being. Only when one acts on the theory can one obtain the great power and be able to unite with Great Nature.”

Ada beberapa teknik yang diajarkan di Aikido.Teknik atau waza yang diajarkan di dalam aikido antara lain
  • tachiwaza(sama-sama berdiri)
  • suwariwaza(sama-sama duduk)
  • hanmihamdachi(berdiri melawan duduk)
  • kaeshiwaza(teknik dengan membuka serangan)
Belajar aikido tidak hanya belajar teknik (waza) ,tetapi aikidoka juga harus belajar menguasai emosi, mengontrol energi, sikap kerendahan hati,belajar memahami orang lain,alam semesta dan cinta kasih karena itu adalah hal yang utama dalam memahami jiwa atau spirit dari aikido. Hal yang tidak boleh dilupakan dari belajar aikido adalah aplikasinya, yang harus diterapkan tidak hanya pada saat latihan tetapi dalam kehidupan sehari-hari.

Silakan Bagi teman-teman yang berada di ITTelkom dan sekitarnya ikutan aikido
di Enryukai ITTelkom Dojo
Latihan setiap hari Senin dan Kamis pkl. 18.30
Tempat Student Center ITTelkom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar